SEJARAH SINGKAT

Peralihan pola hidup masyarakat saat ini berputar begitu cepat, di mana saat ini semuanya beralih menjadi sesuatu yang sangat instan, cepat, mudah dan tanpa batasan jarak tentunya. Hal yang paling mendasar dalam era digital saat ini yaitu bagaimana kemajuan teknologi informasi ini mampu melahirkan kedamaian bagi dunia dan segenap isinya.

Kedamaian adalah situasi damai itu sendiri atau perasaan damai di dalam dada manusia yang lahir karena adanya kesadaran perdamaian, hal ini karena Proses evolusi manusia bukan hanya pada tataran fisik, lebih dari itu juga pada kesadaran spiritual. Dalam konsep Ajaran Dharma dikenal istilah Tri Hita Karana, yaitu tiga sumber kedamaian. Dalam konsep ini diuraikan rasa bakti yang tulus kepada Sang Pencipta akan menumbuhkan rasa cinta kasih sejati kepadaNya, sehingga kita merasakan kehadiranNya didalam jiwa. Didalam pemujaan kepada Tuhan Sang Pencipta diantaranya adalah Lagu Pujian atau Kirtanam yaitu memuja keagungan Tuhan dengan melantunkan Kidung-kidung Suci Kedamaian atau Gita Santih.

Dengan melantukan Gita Santih ini semakin mempertahankan nilai-nilai Satyam (kebenaran), Sivam (kesucian) dan Sundaram (keharmonisan dan estetika). Sehingga kegiatan Gita Santih dalam berbagai bentuk akan sangat membantu menciptakan suasana hening, hikmat/kusuk yang dipancari getaran kesucian hingga melahirkan kedamaian.
Kedamaian sebagai perwujudan dari kecintaan terhadap Semesta dan isinya adalah upaya yang patut terus menerus dilakukan secara berkelanjutan, maka akan menjadi bagian dari perjuangan untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Senandungkanlah nyanyian perdamaian di hati dan jiwa masing-masin, yang pada gilirannya akan mengantarkan manusia menuju sifat kedewataannya (Madawa) dari sifat keraksasaannya (Danawa). Sifat demikian merupakan hakikat dari keseimbangan dalam mengaktualisasikan Gita Santih dalam jiwa manusia.

Berdasarkan hal yang telah kami uraikan diatas maka Gita Santih Nusantara disingkat GSN berdiri pada tanggal 11 Juli 2020 atas prakarsa Ida Bhawati Prof Dr. dr. Nyoman Kertia, SpPD-KR yang menetap di Yogyakarta dan Dr. I Gede Adiputra, MM. yang berdomisili di Jakarta.

Adapun Visi dari Gita Santih Nusantara adalah:

“Membentuk Sumber Daya Manusia yang unggul berkepribadian yang luhur.”

Sedangkan Misi yang diemban Yaitu:

“Melalui senandung kedamaian menuju pikiran harmoni dan kesehatan jasmani untuk mewujudkan perdamaian Dunia.”

Organisasi yang berbentuk perkumpulan ini mempunyai tujuan:

  1. Sebagai perwujudan hak dari Warga Negara Indonesia untuk berserikat dan berkumpul
  2. Mempererat hubungan antara para anggota melalui jalur kekeluargaan dan kebersamaan dalam keberagaman lintas iman, ras dan golongan.
  3. Memperjuangkan hak-hak anggota.
  4. Melakukan advokasi dan perlindungan kepada anggota
  5. Meningkatkan profesionalisme anggota
  6. Meningkatkan peran serta anggota dalam setiap kegiatan mulai dari tingkat daerah ,tingkat nasional hingga International.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *